This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sunday, October 20, 2019





JEPANG,KETIKAN DI TENGAH SUNYI.



Jepang 21 Oktober 2019,2 Tahun 5 bulan sudah gw tinggal di sini,huftttt....benar2 waktu yang tak singkat untuk sebuah perjuangan,
namun waktu yang sangat singkat jika kau menghabiskannya hanya untuk bermalas malasan tak berkarya dan hanya menunggu mati.


Ini adalah artikel ketiga selama gw di Jepang,sebenarnya banyak banget hal pengen gw tulis tentang semua yang gw rasakan
disini.namun,mood nulis sering teralihkan dengan berbagai hal yang ada di kepala yang sekarang mulai terpikirkan
seiring bertambah tuanya umur gw.hal2 tentang the fuckin parent things.


Sekarang,ketika artikel ini ditulis,jam di layar laptop menunjukan pukul 2 dini hari,kesunyian yang sangat selaras untuk kembali menulis sebuah paragraf2 sampah dari pikiran manusia yang matanya tak kunjung terpejam disunyinya malam dan dimusim gugur tahun ini.


yahhhh....dalam hidup gw,memang selalu gw sempatkan untuk menikmati sunyi,menikmati kesendirian untuk merenung dan memikirkan apa yang sudah terjadi dan apa yang akan kulakukan kelak nanti.karena menurutku hanya seperti itu lah hidup,suka ataupun tidak,masa lalu sudah kita jalani,suka ataupun tidak hidup harus kita jalani.

Hingga semua hidup yang gw jalani dan berbagai pilihan yang sudah gw ambil membawaku ke negara ini.
dan berada dalam titik ini membuatku semakin sadar bahwa roda tak mungkin akan berputar tanpa pedal kita kayuh,rasa lelah dan pedih adalah udara yang kita hirup,

orang selalu bilang,mereka selalu bilang bahwa mereka mereka memulai berjuang dari titik nol,mereka tak tahu bahwa gw dan beberapa orang seperti gw memulai dari titik minus,titik dimana kita sebenernya sudah kalah,dan untuk menang kau harus menerima semua  yang datang  menghujam tubuh dan perlahan mendekati musuh lalu memukulnya.lalu kita kembali bangkit dan berjalan seraya mengobati luka.


Dinginya udara dimusim gugur malam ini,benar2 mengingatkan gw pada kenangan masa kecil gw dulu.tengah
 malam berada ditengah ladang untuk mencari jangkrik bersama teman2 kampung gw,Xtrim memang klo dipikir
sekarang,hanya bermodal senter menyusuri ladang jagung memeriksa lobang2 yang diharap ada jangkrik
 bersembunyi disana,tengah malam mendengarkan nyaring suara jangkrik yang kemudian kita cari dari arah mana suara itu berasal dan perlahan kita cari tempat persembunyianya,masa2 seperti itu sebenarnya adalah masa yang sangat berbahaya,karena gak jarang bukan jangkrik yang kita temukan tapi kelabang besar atau ular berbisa mematikan yang beruntung tidak kita injak,namun pada masa2 itu memang alam adalah tempat kami bermain sehingga naluri cukup terasah dan mata begitu awas dimana ada bahaya.


menghabiskan malam ditengah sawah ladang adalah hal yang biasa pada waktu itu,kadang hanya ditemani sebatang roko dan jagung bakar bisa membuat kami menceritakan banyak hal dan tertawa melewati malam.


kami memang bukan kumpulan anak2 orang kaya seperti mereka yang selalu meminta minta pada orang tua,kami adalah anak2 yang tertawa dengan kesederhanaan yang kami punya pada waktu itu.dan kami benar2 anak2 yang masa bodo tentang aturan,dan cenderung melakukan apapun yang kami suka.


segala hal yang gw alami dulu sedikit banyak membuatku sekarang lebih kuat,yahhhh meskipun tetap saja ada keluh kesah,tapi ya tetap saja gw jalani,karena seperti yang gw katakan tadi,suka tidak suka hidup harus tetap berjalan.


atau mungkin.....


kau lebih memilih berada dtitik nyaman,tak melangkah dan hanya menunggu mati?hingga nanti saat nya kau sadar dan menyesal tapi kau sudah tak lagi bisa berbuat apa2.


gw/kita memang tidak sehebat mereka,tapi setidaknya kita sedang berjuang di jalan yang telah kita pilih.kita sedang menjalani apa yang sekarang sedang kita yakini,we are on the track.dan siapapun yang membaca tulisan ini dan menemukan nya nyampah di google,dan sedang menjalani apa yang kalian yakini,dengan semua rasa lelah dan kepedihan yang sedang dirasakan.maka kita sama,kalian tidak sendiri.



huuuftttt....

hari sudah mulai menjelang pagi,namun mata ini masih enggan terpejam....malam ini terasa sendiri karena laut yang biasanya menemani tak terpapar cahaya bulan.dia telah terpejam.laut bobo duluan ya katanya.
ya sudah lah mw gimana lagi,karena aku hanya binatang darat dan aku bukan si abii.


Binatang darat sudah harus tidur,namun terpikir ahhhh nanti lah kuhabiskan dulu fanta yang masih tersisa setengah gelas ini





gw minum sisa fanta di gelas kertas ini sambil mata tetap menatap layar,lalu gw alihkan pandangan ke fanta orange di dalam gelas,guoblokkkkk ada kecoa  kecil berenang di minuman gw.gw muntahin tuh minuman dan serasa jijik mw muntah....tapi tiba2 gw berpikir,ahhhhh ini kan kecoa Jepang,kayaknya lebih terhormat dari kecoa kecoa Indonesia....ya sudah lah,kusingkirkan kecoanya dan kuminum kembali minumanku,kusisakan minumannya sedikit,kali aja sikecoa masih pengen berenang.


Dingin semakin menusuk,sepertinya mata sudah harus terpejam...ada hari esok yang menunggu untuk kembali melanjutkan langkah.


sampai jumpa di artikel artikel gw selanjutnya,kalo ada salah ejaan,ada tulisan yang gak sesuai rule dalam penulisan abaikan saja.karena percumah gw gak peduli,oh iya tombol v di keyboard laptop ku rusak jadi banyak yg gw ganti dengan huruf F.jadi ya mohon maaf.maafin lah......





Jika ada orang menceritakan hal buruk tentang gw,maka kemungkinan itu 100% benar,karena apa?karena gw manusia biasa dan gw gak mungkin bisa ngelarang orang untuk merasa suka tau tidak suka,dan gw gak mungkin bisa menyenangkan semua orang.sampai juga lagi di paragraf2 yang lain.


siiiiiiiiiiii yaaaaaaaaa.

Tuesday, January 1, 2019


(sebuah perjalanan)
Kita ke Hiroshima,kita rindu Indonesia.

Air,api,bumi,udara.jaman dahulu semua negara hidup dalam perdamaian.kemudian semua berubah setelah negara api menyerang.

shit.........

ngacooooo......

Liburan musim dingin ditahun ke dua gw di jepang,gak berasa sudah tahun ke dua aja,serasa baru kemarin disuruh push up dibawah terik matahari di jalanan aspal waktu masih pendidikan di LPK.


Oh iya ini adalah artikel ke 2 setelah gw sampai dijepang 1,5 tahun yang lalu.Mood nulis gw yang sempet ilang karena selama 1,5 tahun kebelakang hilang akibat kesibukan gw kerja,makan,tidur,kerja,makan,tidur dan begitu terus diulang.

Tahun ini gw dan ke tiga temen gw berencana pergi ke Hiroshima,sebuah kota di jepang yang memiliki hubungan sejarah yang panjang dengan sejarah Indonesia.

Dan perjalanan panjang itu kita awali dengan......................................maen ps
mans on image fajar n putu

Dan setelah itu.........barbeque an

me,fajar,nico,solikhan (yang pegang hp ) ,edi,putu.


Setelah semua selesai,keesokan harinya jam 6 pagi lanjut menuju stasiun Ube,perjalanan dari apato menuju stasiun Ube menggunakan taxi setelah sebelumnya memesan taxi di Lawson terlebih dahulu.

perjalanan dimulai......




Dan perjalanan panjang pertama kita menuju ke stasiun Iwakuni,perjalanan ini memakan waktu hampir 3 jam,dalam perjalanan panjang ini ada kejadian konyol,salah satu teman gw ada yang kebelet pipis dan harus menahan pipis sepanjang perjalanan.Apes nya di dalam kereta tidak ada toilet.
ekspresi temen gw saat nahan pipis.sebut saja namanya nico.

hahahahahaha.........sialllllllllll.......

dan satu kejadian lagi........satu lagi temen gw jg kehilangan tiket.....ini nih orang nya
tersangka

hahahahaha........

setelah 1001 rintangan dan 5000 cobaan akhirnya sampai juga di Hiroshima....
link image tertera.

hiroshima..........
image museum mengenang tragedi bom atom Hiroshima.

Satu hal....yang mungkin cuma gw aja yang ngerasain..setelah sampai ditempat ini.Hiroshima....nama kota ini membuat angan angan gw terlempar ke kenangan masa masa gw SD dulu,dibuku sejarah itu tertulis,nama tempat ini,bersanding dengan nama kota lain nagasaki tepatnya.

Yah...itu lah pertama kali gw dengar tentang sebuah tempat bernama Hiroshima,di buku itu tertulis,sebuah tragedi mengerikan tentang kota yang di bom atom..iya benar bom atom,sebuah bom yang memiliki daya ledak maha dahsyat.Efek dari bom atom pertama kali gw liat di opening film Godzilla pada masa2 kecil dulu.Buat gw itu sangat mengerikan.

Hiroshima.....kota ini memiliki hubungan erat dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.
Jadi pada masa itu indonesia sedang dijajah oleh jepang,dan ketika pasukan jepang berada di Indonesia kota Hiroshima dan Nagasaki yang pada masa itu menjadi kota yang sangat penting ternyata di bom atom oleh tentara sekutu.Dan semua tentara jepang yang ada di Indonesia waktu itu ditarik pulang kembali ke Jepang,dan perjuangan pejuang Indonesia dikhiri dengan di Prokol...prokal....prokalmal....( njir ...typo mulu ) diproklamasikanya kemerdekaan Indonesia pada waktu itu oleh Soekarno.hokage presiden pertama kita.

Hiroshima.....setengah hari gw disini,mengenang semuanya,teringat perjuangan leluhur kita,kembali angan angan gw terbawa terlempar jauh ke negeri di seberang sana,negeri nan hijau..yang hutan nya sedang dibabat,diambil tambangnya.Negeri yang kekayaan dan wibawa nya sedang digerogoti oleh orang2 busuk yang bersembunyi dibalik gaya bicaranya yang berwibawa,negeri yang.....sekarang saling mencaci,negeri dengan orang2 yang saling pukul untuk tahu siapa yang paling benar bukan apa yang benar.Tapi......gw lahir dan besar di negeri ini,gw berlari dan menghabiskan masa kecil gw disawah dan ladang negeri ini,gw terjatuh dan bangun terpuruk dan bangkit di tanah negeri ini.Gw bermimpi dan mengejar cita2 gw sampai mengarungi laut samudra untuk suatu hari kembali dan MATI di sana,tanah air ini tidak akan pernah aku lupakan,walaupun banyak negeri yang mahsyur dikata orang aku jalani,tapi kampung dan rumahku engkau ku rindukan.

Yang sangat gw rindukan dari Indonesia....gw rindu pedagang baso keliling,gw rindu pedagang siomay bersepeda dikampungku,gw rindu ketika ngisi pulsa dikonter warung,gw rindu berlari dilapangan bola bersama teman2 kampungku,gw kangen mancing belut disawah kampungku,gw rindu ngeliat ayam2 yang berkeliaran dikampungku,bahkan aku rindu pohon pisang yang banyak ditanam dikampungku.

Dan sekarang gw disini...sedang menjalani separuh mimpi gw,takdir gw,seorang anak yang cengeng yang dulu hanya bisa melihat Hiroshima dari buku sejarah sekolah dasar,dan ternyata gw bisa disini sekarang.

Setengah perjalanan sudah gw jalani,masih sisa setengah lagi,17 bulan lagi.seperti yang sering orang jepang tanya padaku,bagaimana rasanya bekerja di jepang,akan selalu ku jawab tanoshimi ni suru.....akan aku nikmati,seperti itu lah kira2 artinya.

Dan untuk semua orang yang membaca artikel ini,dan sedang menjalani apa yang gw jalani,merasakan juga apa yang gw rasain sekarang....berjuanglah.....kalian tidak sendirian. 

Untuk Indonesia....bangun lah,bersatulah...kita beda agama,kita beda ras,warna kulit kita bahkan beda....tapi gw yakin...keberagaman itu yang membuat kita bisa jadi kuat,unik dan kaya,gw akui berat memang hidup dinegeri dengan jumlah penduduk yang sangat banyak,dengan sumber alam yang banyak dimakan oleh tikus2 busuk berwibawa,dengan jumlah penduduk banyak seperti itu pasti berat.....gw jd sedikit bisa ngerti kenapa Thanos ngumpulin batu inifinity stones dan menghapus separuh populasi alam semesta secara random dan tanpa rasa sakit,karena populasi berlebih memang bisa sangat berat bahkan untuk bumi itu sendiri.Tapi tenang,jika Thanos ke Indonesia,pasti gw juga langsung pulang juga....karena gw sebenarnya adalah.............BATMANNNNNNNNNN

shitttttttt..........itu DC Universe.



artikel ini sudah sampai diujung ketikan,itulah beberapa paragraf dari jiwa pemberontak....pesan saya terakhir...PIKIRAN JANGAN SAMPAI KOSONG.


DARI NEGERI YANG PERNAH MENJAJAH INDONESIA( njing ngapain gw dsini coba) GW SAMPAIKAN......


SAMPAI JUMPA DITULISAN SAYA BERIKUTNYA.......

code name taka

Sunday, June 10, 2018

Tentang Kota Kecil di Jepang,Ube shi yamaguchi ken

Ini adalah tulisan pertama di blog pribadiku setelah sekitar satu tahun yang lalu tiba di Jepang dalam program pemagangan kerja yang harus saya jalani sekitar 3 tahun.Saya berkerja di perusahaan yang berada di kota Ube kota kecil di Perfektur Yamaguchi.Saya akan menceritakan sedikit tentang suasana kota ini selama satu tahun saya tinggal disini.

Ube,itu adalah nama kota tempat saya tinggal dan berkerja saat ini.Yang terkenal dari kota ini adalah sushi fugu,sushi Fugu adalah sushi yang terbuat dari ikan buntal,ikan yang terkenal kalo ngambek bakal mengembungkan badannya dan tubuhnya menjadi diselimuti duri.Ikan ini juga terkenal karena mengandung racun yang sangat mematikan.Tapi ditangan orang Jepang di kota ini Fugu menjadi makanan yang sangat elit dengan harga yang sangat mahal.Sushi dari ikan Fugu di hargai sekitar 6000 yen atau sekitar 720 ribu rupiah untuk kurs sekarang Rp.125/yen.Harga yang cukup bikin geleng kepala untuk suatu makanan yang sanggup membunuhmu dalam hitungan menit.

Tidak seperti kota di Jepang yang mungkin anda bayangkan,Ube sangatlah sepi,kota ini begitu tenang.Sebagian besar warganya berkerja di perusahaan dan sebagiannya lagi berwira usaha membuka toko,yah setidaknya seperti itulah yang saya lihat selama saya tinggal disini.Bahkan saking sepinya kota ini,saat akhir pekan disini akan sangat bingung jika ingin menghabiskan waktu ditempat yang ramai,mall disini pun sangat sepi dari pengunjung.Mungkin pengunjung mall disini 1 banding 5 pengunjung SGC Cikarang,benar benar sangat sepi.

Itulah sedikit gambaran tentang kota Ube di perfektur Yamaguchi,sedikit gambaran untuk anda yang mungkin akan berkunjung ataupun bekerja disini.Mohon maaf belum bisa menyertakan image di artikel ini tapi secepatnya akan saya edit artikel ini dan membubuhkan image didalamnya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Saturday, May 13, 2017

強い男の人になりたい子供

これは昔話、昔、村があって、その村には子供が生まれました。男のあかちゃんがうまれました。そのあかちゃんが貧乏家族から生まれました。子供から生活がいつも悲しんでいました。彼が彼の生活をかわれる時まで。
10歳の時、彼は友達にいつもはなれられました。彼の友達は彼と一緒に遊びたくない。たぶん彼が貧乏なですから。悲しくて、さびしくて、自分におこって、色々なかんじをかんじました。しかし、そのいやけいけんが生活スピリットになりました。その時から、彼はやくそくしていて、男の人になって、せいこうしないと、友達に残されるように。

今から彼はファイトしています。一人でファイトしています。彼の友達は今楽しんでいる時、彼は頑張っています。彼はいつも信じていて、彼のファイトいつかせいこうします。今にも彼はまだファイトしています。せいこうする前に、あきらめません。ずっとずっと頑張って、そろそろ夢をかないます。
今には、彼は夢を続けて、彼の夢が続いていて、頂上にのぼっています。

Tuesday, January 31, 2017

CBR 150 Thailand Apply Knalpot Tiger


Tuesday, January 24, 2017

Kebumen Dikejutkan Perampokan disertai Pembunuhan disiang Hari

Kebumen,24 januari 2017.awal tahun 2017 sepertinya dibuka dengan berbagai kejadian kejahatan yang terjadi diberbagai wilayah di BARLINGMASCAKEB (Banjarnegara,Purbalingga,Banyumas,Cilacap,Kebumen).Setelah kejadian adu tembak rampok di Banjarnegara yang terjadi disiang hari,kasus pembunuhan sadis wanita muda dan nenek di Purbalingga yang dilakukan oleh mantan kekasih korban dengan kondisi luka gorok dileher,lagi-lagi hari ini terjadi tindak kejahatan yang terjadi di Kebumen.Perampokan disertai pembunuhan terjadi disiang hari sekitar 12.00 WIB di desa Patukgawe Mulyo Rt 001/rw 001 kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen.

Korban Bpk.Sutikno (55th) mengalami luka dikepala dan segera dilarikan ke RSUD Kebumen sampai sekitar pukul 13.20 dinyatakan meninggal dunia.Satu buah sepeda motor berhasil dibawa kabur .Belum diketahui kronologi kejadian sebenarnya karena masih dalam penyelidikan polisi,dan motif sebenarnya  pembunuhan juga masih diselidiki oleh petugas dari Polres Kebumen apakah murni perampokan atau ada motif lain,sampai berita ini diturunkan masih banyak warga terlihat dilokasi kejadian.

Friday, January 20, 2017

Joho,Batas Wilayah Perjanjian Renville Saat Indonesia Terbagi dua

Masih ingat pelajaran sejarah saat kita SD?(SD apa SMP ya),gak ingat?tidur mulu si.....disana  dibahas bahwa dulu dijaman Indonesia masih dijajah sama kakek buyutnya Arsen Robben sama Van Der Sar wilayah Indonesia itu dibagi menjadi 2,yaitu wilayah Indonesia dan wilayah Belanda.Nagh pas ngebagi tuh wilayah kan harus ada perjanjian hitam di atas putih sama tanda tangan di materai 6000,maka dari itu terjadilah perjanjian yang dinamakan perjanjian Renville 17 Januari 1948,gara-gara perjanjian itu dilakukan di atas kapal Renville yang pada saat itu lagi parkir di pelabuhan Tanjuk Priok Jakarta Utara.

Dari perjanjian tersebut disepakati bahwa wilayah Indonesia yang lagi buat rebutan nih ya,harus dibagi menjadi 2.Aneh ya,bayangin kamu punya tanah tempat kamu tinggal,tiba-tiba datang nih orang merebut tanah tempat kamu tinggal dan terjadilah jambak-jambakan,dan cakar-cakaran,kerena yang ngambil tanah gak menang-menang tuh orang akhirnya ngusulin buat bikin sebuah perjanjian agar tanah dibagi 2,lucu kan?nah balik lagi kecerita kakek buyut kita dan kakek buyutnya Arsen Robben(kakek buyutnya Van Der Sar kebetulan lagi gak ikut) yang lagi bikin perjanjian di kapal Renville yang lagi parkir di Pelabuhan Tanjung Priok.Singkat cerita nih ya setelah tanda tangan di materai 6000,terbagilah Indonesia menjadi dua(hiksss...sedih ya) nagh apapun yang dibagi dua(termasuk hati kamu,iya kamu) pasti kan harus ada garis batas tempat dimana potongan itu berada.nagh garis potong itu atau batas wilayah itu secara de facto(bener gak ya tulisannya?) diabadikan dalam sebuah monumen yang berada di desa Joho kecamatan Bawang kota Banjarnegara .garis itu disebut garis Van Mook,sedangkan tugu monumen itu disebut tugu Renville.Jadi kalo rumah kamu di barat desa Joho,atau mungkin dibaratnya kota Banjarnegara berarti rumah kamu dulu markasnya belanda bro..dan sebaliknya.
wihhhhh....gak kebayang donk bro..gimana bersejarahnya itu monumen,bayangin bro...saksi bisu ketika Indonesia terbagi dua bro,hati kamu terbagi dua aja gak bisa tidur siang malem ya kan bro?apalagi ketika Indonesia kita tercinta terbagi dua,dan di tugu Renville Joho ini nich tempat dimana sejarah itu diabadikan,diingatkan kembali,bahwa dulu nenek moyang kita berjuang sepenuh hati ngalahin kakeknya si Robben sampai bisa merdeka kayak yang sekarang kita rasain bro..tapi sangat disayangkan terakhir saya lihat monumen tersebut,kondisinya sangat memprihatinkan,lumut disana sini,rumput ilalang yang tumbuh tinggi dan liar disekitar tugu,keramik yang mulai pada pecah dan tak terawat,tapi syukurlah bro..patung tentara masih cukup gagah dan tegap memegang senjata di puncak tugu,tapi sungguh sedih bro liat nya..ketika saksi sejarah perjuangan yang sepenting itu justru tak lebih megah dari monas,jangankan semegah monas,kalo saya bilang malah gak semegah toilet dimonas..sangat jauh dari kesan tempat saksi perjuangan para pahlawan.bukan kah kata bung Karno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,nagh mengingat dan merawat tempat saksi sejarah salah satu bagaimana kita menghargai jasa pahlawan bro..jangan dicorat-coret juga bro..apalagi lagi-lagi nulisin nama gebetan,emak dan bapak kamu disini bro...udahlah cukup bro..cukup.


Harapan bro..harapannya pemerintah bisa membaca tulisan ini,dan segera mengambil langkah perbaikan,dan perawatan.Dan semua elemen termasuk kita sebagai masyarakat minimal JANGAN MERUSAK tempat bersejarah dimanapun itu,kita rawat bro,atau minimal jangan kita rusak..kita ingat kembali bahwa dulu kakek nenek moyang kita bahu membahu berjuang demi tempat yang kita tinggali sekarang,dengan mengingat kembali perjuangan pahlawan  mungkin bisa menghindarkan kita dari perbuatan mencela hanya karena beda agama,merasa paling sempurna hanya karena kita beragama X,bersuku X,dan seandainya kamu nanti jadi wakil rakyat nich..kamu mikir dua kali kalo mau korupsi,karena apa bro..?karena dulu nenek moyang kita bahu membahu gak mandang agama,suku ngelawan kakeknya Robben bro...

OK brohhh....semoga artikel ini bermanfaat.tunggu artikel saya selanjutnya......and....siiiiiiiiiyaaahhhhhhh